Rabu 20 November 2019, bertempat di balaidesa Desa Tenggur diadakan Penyuluhan Kesehatan dengan tema “Pengendalian dan Pencegahan Hypertensi pada Lansia” yang dihadiri sekitar 50 lansia di desa Tenggur. Dalam acara ini dr Nurul dan dr Lukman bertugas sebagai Narasumber dari Puskesmas.

dr Nurul menjelaskan Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah penyakit umum di kalangan lansia . Tekanan darah lansia bisa terus berubah-ubah dan tidak dapat diprediksi dengan baik. Kadang, seorang lansia bisa memiliki tekanan darah rendah kemudian melonjak tinggi hanya diselingi beberapa saat. Sayangnya, alasan pergantian tekanan darah naik-turun secara cepat ini belum diketahui jelas apa penyebabnya.

Penyakit hipertensi pada lansia akan meningkatkan risiko terserang stroke di kemudian hari. Kondisi ini juga meningkatkan peluangmengalami kerusakan ginjal, penyakit jantung, dan banyak masalah kesehatan serius lainnya apabila  tidak bisa mengelola tekanan darah dengan baik.

Oleh karena itu, banyak dokter sekarang menetapkan kisaran tensi 140/90 mmHg untuk orang yang lebih tua. Untuk membantu mencapai target ini, dokter bisa meresepkan obat tekanan darah yang mulai digunakan perlahan dan meningkat secara bertahap. Ini dilakukan untuk menghindari reaksi penurunan tekanan darah mendadak (hipotensi). dr Nurul juga menjelaskan bagaimana cara mempertahankan tekanan darah tetap stabil  pada lansia  yaitu dengan melakukan perubahan gaya hidup yang sehat.

Bagaimana reaksi anda mengenai artikel ini ?